top of page

Kerajinan Khas Bandung: Panduan Membeli dan Menikmati Kekayaan Budaya Lokal

Updated: Jul 7




Kerajinan khas bandung - Pernah gak sih kalian jalan-jalan ke Bandung dan bingung mau beli oleh-oleh apa yang beda dan khas?


Bandung gak cuma terkenal dengan wisata alam dan kulinernya, tapi juga kaya dengan kerajinan tangan yang unik.


Nah, kali ini kita bakal kasih rekomendasi kerajinan khas Bandung yang wajib banget kalian bawa pulang. Dijamin perjalanan kalian jadi lebih seru dan berkesan!


Selain itu, membawa pulang kerajinan khas Bandung juga berarti mendukung para pengrajin lokal yang dengan sepenuh hati melestarikan budaya dan tradisi Sunda.


Yuk, simak rekomendasi lengkapnya di bawah ini!



Wayang Golek, kerajinan tangan khas bandung. Gambar ilustrasi
Wayang Golek, kerajinan tangan khas bandung. Gambar ilustrasi

1. Wayang Golek

Wayang golek adalah boneka kayu yang sering digunakan dalam pertunjukan wayang tradisional Sunda.


Boneka ini dikenal dengan detailnya yang rumit dan warna-warni yang menarik. Setiap wayang golek bercerita tentang karakter dan kisah-kisah epik dari budaya Sunda, bikin wayang golek jadi souvenir keren banget buat dibawa pulang.


Lokasi Membeli: Kamu bisa dapetin wayang golek di Pasar Seni ITB atau di toko-toko souvenir di sekitar Saung Angklung Udjo.


Harga: Mulai dari Rp150.000 hingga Rp500.000, tergantung ukuran dan detail bonekanya.



Angklung, kerajinan tangan khas bandung. Gambar ilustrasi
Angklung, kerajinan tangan khas bandung. Gambar ilustrasi


2. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional dari bambu yang bisa menghasilkan melodi indah.


Alat musik ini tidak hanya cocok sebagai kenang-kenangan tetapi juga bisa dimainkan.


Angklung menjadi simbol dari kekayaan musik tradisional Sunda yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda.


Lokasi Membeli: Langsung aja ke Saung Angklung Udjo di Jalan Padasuka No.118, Bandung, buat beli angklung berkualitas.


Harga: Mulai dari Rp50.000 hingga Rp300.000, tergantung ukuran dan kualitasnya.



kerajinan tangan khas bandung. Image by tribunnews
kerajinan tangan khas bandung. Image by tribunnews

3. Kerajinan Tangan Lembang

Di Lembang, kamu bisa menemukan banyak kerajinan tangan seperti tas anyaman, keramik, dan hasil kerajinan bambu.


Semua produk ini dibuat dengan peralatan sederhana tapi hasilnya berkualitas tinggi.


Kerajinan tangan dari Lembang dikenal akan kreativitas dan keunikannya, cocok banget buat dijadikan oleh-oleh yang berbeda.


Lokasi Membeli: Coba jalan-jalan ke Jalan Raya Lembang. Di sana banyak banget penjual kerajinan tangan khas Lembang.


Harga: Mulai dari Rp20.000 hingga Rp200.000, tergantung jenis dan ukuran barangnya.


4. Sepatu dan Tas Khas Cibaduyut

Kawasan Cibaduyut terkenal banget dengan produk kulitnya seperti sepatu dan tas. Desainnya modis dan kualitasnya gak kalah sama produk luar negeri.


Sepatu dan tas dari Cibaduyut sudah lama menjadi ikon fashion lokal yang digemari banyak orang karena keawetannya dan harganya yang terjangkau.


Lokasi Membeli: Langsung ke Jalan Cibaduyut, kamu bisa pilih-pilih sepatu dan tas kulit berkualitas di sana.


Harga: Mulai dari Rp150.000 hingga Rp1.000.000, tergantung jenis dan kualitas kulitnya.




Mayasari Bakery, Toko oleh-oleh khas bandung
Mayasari Bakery, Toko oleh-oleh khas bandung

Rekomendasi Toko Oleh-oleh Mayasari Bakery

Kalau lagi di Bandung, jangan lupa mampir ke Mayasari Bakery buat beli cemilan snack dan oleh-oleh khas Bandung seperti bolen pisang, brownies, dan berbagai jenis pastry.


Cemilannya enak banget dan cocok buat oleh-oleh keluarga di rumah. Mayasari Bakery dikenal dengan produk-produk kue dan pastry-nya yang selalu fresh dan lezat, bikin siapa aja ketagihan!


Lokasi Membeli: Mayasari Bakery ada di beberapa lokasi berikut:


Toko Bandung

  • DEPAN STASIUN KA : Jln. Kebon Kawung No. 22 B-D , Telp. (022) 4222444 - 4260303

  • PASTEUR : Jln. Dr. Junjunan No. 155 , Telp. (022) 6004765 - 6010911 - 0898 9057 315

  • CIMAHI : Jln. Raya Barat No. 690 , Telp. (022) 87806216 - 0896 7537 5600

  • CARINGIN : Jln. Bojong Raya No. 17, Telp. (022) 6003999

  • STASIUN KA : Jln. Kebon Kawung Dalam Stasiun KA, Telp. 0881 2278 694

  • BANDARA : Jln. Abdul Rahman Saleh No. 51 A, Telp. 087803785

  • PASTEUR : BTC Fashion Mall LGF Blok A-4 No. 7 Jln. Dr. Junjunan No. 143-149,  Telp.  0878 3200 7778

  • KOPO : Jln. Kopo Bihbul No. 37 C, Telp. (022) 5416131 / 0878 3499 4144

  • UJUNG BERUNG : Jln. AH. Nasution No. 51 , Telp. 0813 2279 9262

  • JL. RIAU : LLRE Martadinata St No.87, Citarum, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40115  Telp. 0821-2772-8114

  • MAJALAYA : Jln. Kondang No. 9 , Telp. 0822 9900 8745

  • SOREANG : Jln. Gading Tutuka 1 No. 37 , Telp. 0822 9900 8755

  • RANCAEKEK : Jln. Raya Rancaekek No. 197, Telp. (022) 87706391, 0813 9284 7260

  • MEETING POINT CAFE : Pasteur

  • MEETING POINT CAFE : Kebon Kawung


Untuk informasi lebih lengkap, cek situs resmi Mayasari Bakery di sini.


Harga: Mulai dari Rp20.000 hingga Rp150.000, tergantung jenis produk yang kamu pilih.


Penutup: Kerajinan Khas Bandung Cocok Untuk Traveler

Jadi, itulah beberapa kerajinan khas Bandung yang wajib kamu bawa pulang. Selain mendukung pengrajin lokal, kamu juga bakal punya kenang-kenangan unik dari Bandung.


Dan jangan lupa, mampir ke Mayasari Bakery buat beli cemilan dan oleh-oleh khas Bandung yang lezat.


Selamat berbelanja dan menikmati indahnya budaya Bandung! Happy traveling!

Comments


bottom of page