top of page

Mencari Oleh-oleh Khas Bandung? Ini Dia 5 Pilihan Terbaik!

Updated: Jul 1

Oleh-oleh khas Bandung selalu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Kembang ini. Mulai dari camilan lezat hingga kerajinan tangan yang unik, oleh-oleh ini tidak hanya menawarkan kenikmatan rasa tetapi juga membawa cerita dan kekayaan budaya lokal.


Setiap kali Anda mengunjungi Bandung, berburu oleh-oleh khas sudah menjadi agenda wajib yang tidak boleh dilewatkan.


Hai, Sahabat Pecinta Kuliner! Kalian tahu nggak sih, salah satu hal terbaik dari berwisata itu adalah membawa pulang kenang-kenangan?


Nah, kalau bicara soal kenang-kenangan, Bandung tuh jagonya! Kota Kembang ini nggak cuma terkenal dengan wisata alam dan kuliner yang endes banget, tapi juga oleh-oleh khasnya yang unik dan menarik hati.


Jadi, buat kalian yang lagi merencanakan trip ke Bandung, siap-siap ya untuk dibuat bingung dengan berbagai pilihan oleh-oleh yang ada!



Mencari Oleh-oleh Khas Bandung


Oleh-oleh khas Bandung ini bukan sekadar cinderamata, lho. Mereka adalah cerminan dari kekayaan budaya dan kearifan lokal yang khas.


Dari mulai cemilan yang menggugah selera, hingga barang-barang kerajinan yang cantik, semuanya punya cerita dan makna yang dalam.


Jadi, memilih oleh-oleh yang tepat nggak cuma soal bawa pulang sesuatu, tapi juga soal mengenang setiap momen indah yang kalian alami di Bandung.


Gimana, siap untuk jelajah oleh-oleh khas Bandung bareng aku? Ayo, kita mulai petualangannya!


Kenapa Harus Membeli Oleh-oleh Khas Bandung?


Berbelanja oleh-oleh di Bandung adalah bagian penting dari pengalaman wisata Anda.


Bukan hanya sekedar membawa pulang cinderamata, tetapi juga mendukung para pengrajin lokal dan memperkaya perjalanan Anda dengan budaya setempat.


Setiap oleh-oleh memiliki cerita dan makna yang mendalam, mencerminkan kekayaan budaya dan kearifan lokal Bandung.


Dengan berbelanja oleh-oleh, Anda ikut berperan dalam melestarikan seni dan kerajinan tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi.


Misalnya, ketika Anda membeli batik atau wayang golek, Anda tidak hanya mendapatkan barang unik, tetapi juga turut menjaga keberlangsungan warisan budaya yang sarat nilai historis.


Melalui oleh-oleh ini, cerita dan tradisi Bandung dapat terus hidup dan dinikmati oleh banyak orang.


Jadi, selain membawa pulang kenangan indah dari perjalanan Anda, berbelanja oleh-oleh juga memberikan dampak positif bagi komunitas lokal.


Anda tidak hanya membawa pulang barang, tetapi juga bagian dari sejarah dan budaya Bandung yang kaya.


Ayo, mari kita eksplorasi lebih dalam dan temukan oleh-oleh terbaik yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda ke Bandung!


Camilan Khas Bandung yang Wajib Dicoba


Bandung, selain terkenal dengan keindahan alam dan suasana sejuknya, juga menawarkan berbagai camilan khas yang sangat menggugah selera.


Bagi wisatawan, mencicipi dan membawa pulang camilan khas Bandung adalah sebuah keharusan.


Berikut beberapa camilan yang wajib Anda coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh:


1. Pisang Bolen


Pisang Bolen adalah salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling digemari. Bolen Pisang adalah kue dengan isian pisang yang dibalut dengan kulit pastry renyah.


Varian yang tersedia meliputi Bolen Pisang Coklat, Bolen Pisang Keju, Bolen Peuyeum, dan Bolen Durian


Harga: Rp 65.000 - Rp 70.000 per kotak

Tempat Beli: Mayasari Bakery, Jl. Raya Lembang No. 89, Bandung

Beli Disini : Pisang Bolen Mayasari


2. Brownies Kukus


Brownies Kukus Bandung terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa coklatnya yang kaya. Camilan ini cocok sebagai teman minum teh di sore hari.


Brownies Mayasari hadir dalam berbagai varian, termasuk Brownies Kukus Coklat, Brownies Panggang Keju Coklat, Brownies Kacang Mede, dan Brownies Almond.


Setiap varian menawarkan tekstur lembut dan rasa coklat yang kaya, ideal untuk oleh-oleh atau camilan sehari-hari


Harga: Rp 73.500 - Rp 79.000 per kotak

Tempat Beli: Mayasari Bakery, Jl. Raya Lembang No. 89, Bandung


3. Banana Strudel Mayasari


Banana Strudel adalah kue yang terbuat dari pisang dengan lapisan puff pastry renyah dan berbagai isian seperti cheddar cheese.


Kue ini sangat digemari karena perpaduan rasa manis pisang dan renyahnya pastry yang membuat setiap gigitan terasa istimewa.


Harga: Rp 78.000 per kotak

Tempat Beli: Mayasari Bakery, Jl. Raya Lembang No. 89, Bandung


4. Peuyeum Bandung


Peuyeum atau tape singkong adalah makanan fermentasi yang memiliki rasa manis dan tekstur kenyal.


Ini adalah salah satu oleh-oleh yang paling klasik dan populer dari Bandung. Peuyeum sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena keunikan rasanya yang khas


Harga: Rp 20.000 – Rp 25.000 per kg

Tempat Beli: Peuyeum Cihampelas, Jl. Cihampelas, Bandung


5. Bolen Peuyeum


Bolen Peuyeum adalah varian unik dari bolen dengan isian tape singkong (peuyeum).


Kue ini menggabungkan rasa tradisional peuyeum dengan tekstur renyah dari kulit pastry, memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera.


Bolen Peuyeum menjadi pilihan yang menarik untuk oleh-oleh karena menawarkan pengalaman rasa yang berbeda dan autentik.


Harga: Rp 63.000 per kotak

Tempat Beli: Mayasari Bakery, Jl. Raya Lembang No. 89, Bandung


6. Cireng dan Cimol


Cireng (aci digoreng) dan Cimol (aci digemol) adalah camilan khas Bandung yang crunchy di luar dan lembut di dalam.


Kedua camilan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus pedas.


Harga: Rp 15.000 – Rp 25.000 per bungkus

Tempat Beli: Cireng Keraton, Jl. Banteng No. 27 A, Malabar, Bandung


7. Batagor dan Siomay


Batagor dan Siomay Bandung adalah camilan gurih yang tidak boleh dilewatkan. Kedua makanan ini terbuat dari campuran ikan dan tahu yang digoreng atau dikukus, disajikan dengan saus kacang yang lezat.


8. Batagor Riri


Batagor (Bakso Tahu Goreng) dari Batagor Riri terkenal dengan rasanya yang lezat dan bumbu kacangnya yang khas. Ini merupakan salah satu oleh-oleh favorit yang banyak diburu wisatawan.


Harga: Rp 90.000 – Rp 150.000 tergantung isi

Tempat Beli: Batagor Riri, Jl. Burangrang No. 41, Bandung


9. Snack Basreng Mayasari


Basreng (Bakso Goreng) adalah camilan gurih yang terbuat dari irisan bakso yang digoreng renyah dengan bumbu pedas atau original.


Basreng ini cocok sebagai oleh-oleh karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah.


Harga: Rp 32.500 - Rp 33.600 per bungkus

Tempat Beli: Mayasari Bakery, Jl. Raya Lembang No. 89, Bandung


Dengan membawa pulang camilan khas Bandung, Anda tidak hanya menikmati lezatnya makanan, tetapi juga membawa sepotong kecil dari budaya dan tradisi Kota Kembang ini. Pastikan untuk mencicipi dan memilih camilan favorit Anda sebagai oleh-oleh yang tak terlupakan.


Souvenir dan Kerajinan Khas Bandung


Bandung tidak hanya memanjakan lidah dengan berbagai camilan lezatnya, tetapi juga menawarkan beragam souvenir dan kerajinan tangan yang artistik dan penuh makna.


Souvenir dan kerajinan ini mencerminkan kekayaan budaya serta kearifan lokal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


Berikut beberapa pilihan souvenir dan kerajinan khas Bandung yang sering menjadi incaran:


Batik Bandung


Batik Bandung terkenal dengan motifnya yang khas dan warna-warna cerah.


Setiap helai kain batik tidak hanya menawarkan keindahan visual tetapi juga menceritakan kisah dan filosofi yang mendalam.


Batik Bandung sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang menghargai seni dan budaya.


Wayang Golek


Wayang Golek adalah boneka kayu tradisional Sunda yang dibuat dengan ketelitian tinggi.


Setiap detail pada boneka ini mencerminkan seni dan tradisi Sunda yang kaya.


Wayang Golek bukan hanya sekadar souvenir, tetapi juga simbol dari seni pertunjukan tradisional yang sarat akan nilai-nilai moral dan spiritual.


Angklung


Angklung adalah alat musik bambu yang menghasilkan bunyi merdu dan memiliki sejarah panjang dalam budaya Sunda.


Membawa pulang angklung sebagai oleh-oleh berarti membawa sepotong dari warisan musik tradisional yang unik dan berharga.


Kerajinan Tangan Lainnya


Bandung juga terkenal dengan berbagai kerajinan tangan lainnya seperti tas anyaman, aksesori dari manik-manik, hingga pernak-pernik dari bahan daur ulang.


Produk-produk ini dibuat oleh para pengrajin lokal dengan memanfaatkan bahan-bahan alami maupun limbah, menjadikannya pilihan oleh-oleh yang ramah lingkungan dan artistik.


Dengan memilih souvenir dan kerajinan khas Bandung, Anda tidak hanya mendapatkan barang yang unik dan berkesan, tetapi juga mendukung pengrajin lokal serta melestarikan tradisi dan budaya yang ada.


Souvenir ini menjadi simbol kenangan dari perjalanan Anda di Bandung, yang dapat Anda bagikan dengan orang-orang terkasih di rumah.


Tips Memilih Souvenir Autentik

Nah, Sobat, dalam memilih souvenir, ada beberapa tips nih yang bisa kamu ikuti.


Pertama, prioritaskan kualitas dan keautentikan. Misalnya, saat membeli batik, cek apakah itu batik tulis atau batik cap, dan kenali perbedaannya.


Untuk wayang golek atau angklung, belilah langsung dari pengrajin atau di toko yang sudah terpercaya.


Dengan memilih souvenir yang berkualitas, kamu nggak hanya membawa pulang barang, tapi juga memelihara dan mendukung keberlangsungan kerajinan lokal.


Ingat, souvenir terbaik adalah yang bisa menceritakan kembali keindahan dan kekayaan budaya Bandung.


Tempat Terbaik Membeli Oleh-oleh di Bandung


Bandung, kota yang dikenal dengan keindahan alam dan ragam kulinernya, juga merupakan tempat yang sempurna untuk berburu oleh-oleh.


Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh di Bandung yang wajib Anda kunjungi:


Mayasari Bakery Pusat Oleh-oleh Bandung


Sobat Shopaholic, siap untuk petualangan belanja di Bandung? Kota ini tidak hanya kaya akan kuliner dan budaya, tapi juga surga bagi para pencari oleh-oleh!


Di Bandung, kamu bisa menemukan berbagai pusat oleh-oleh, mulai dari pasar tradisional yang ramai hingga pusat perbelanjaan modern yang lengkap.


Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Mayasari Bakery. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai camilan khas Bandung, seperti Pisang Bolen, Brownies Kukus, hingga aneka roti dan kue yang lezat.





Pasar Baru Trade Center Pasar Baru Trade Center adalah tempat yang tepat untuk mencari berbagai jenis souvenir, tekstil, dan kerajinan tangan dengan harga terjangkau. Berlokasi di pusat kota Bandung, pasar ini menawarkan pengalaman berbelanja yang autentik dan beragam produk lokal, menjadikannya destinasi yang tidak boleh dilewatkan.



Kampung wisata braga
Kampung wisata braga. Image by Unsplash


Kampung Wisata Kreatif Braga


Di Kampung Wisata Kreatif Braga, Anda bisa menemukan berbagai kerajinan tangan unik dan produk lokal yang kreatif.


Kampung Wisata Kreatif Braga adalah sebuah inisiatif di Bandung yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kawasan bersejarah Braga melalui berbagai kegiatan kreatif dan ekonomi.


Kampung ini menawarkan berbagai fasilitas seperti co-working space, layanan konsultasi bisnis, dan pelatihan keterampilan seperti menjahit, melukis, dan kerajinan tangan.


Di dalam kampung ini terdapat beberapa area menarik seperti pasar antik Cikapundung, sanggar seni, dan kawasan kuliner legendaris seperti Braga Permai dan Kopi Aroma.


Teras Braga juga menjadi tempat wisata kuliner yang terjangkau​.



oleh-oleh khas Bandung di Cibaduyut.
oleh-oleh khas Bandung di Cibaduyut. Image by google @pemkot bandung


Kawasan Cibaduyut


Terkenal dengan produk sepatu dan tas kulit yang berkualitas dan terjangkau, kawasan Cibaduyut adalah destinasi belanja yang wajib dikunjungi.


Di sini, Anda bisa menemukan berbagai model sepatu dan tas dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan di tempat lain, menjadikannya pilihan yang tepat untuk oleh-oleh.


Cibaduyut terkenal sebagai pusat industri kerajinan sepatu di Bandung, bahkan dikenal hingga mancanegara.


Sejak tahun 1920-an, warga Cibaduyut mulai mandiri dalam memproduksi sepatu setelah awalnya bekerja di pabrik sepatu.


Pada tahun 1940, terdapat sekitar 89 pengrajin sepatu, dan jumlah ini terus bertambah hingga mencapai 250 unit usaha pada tahun 1950-an​.


Selain sebagai pusat industri sepatu, Cibaduyut juga menjadi destinasi wisata kreatif.


Wisatawan dapat menikmati berbelanja sepatu dengan kualitas baik dan harga terjangkau, serta menikmati kuliner khas Bandung sepanjang Jalan Indrayasa hingga Mekarwangi.


Salah satu kuliner khas yang terkenal di kawasan ini adalah peuyeum (tape singkong)​.


Cibaduyut juga menarik perhatian wisatawan asing, terutama dari Malaysia, yang sering datang untuk berziarah ke Makam Mama Eyang Cibaduyut, seorang ulama dan sesepuh yang dihormati di daerah tersebut​.


Pasar Panorama Lembang


Pasar Panorama Lembang adalah sebuah pasar tradisional yang terkenal di Kabupaten Bandung Barat, khususnya di daerah Lembang.


Pasar ini merupakan surga bagi pecinta kuliner dan makanan segar, menawarkan berbagai macam makanan lezat mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga hidangan internasional seperti steak dan pizza.


Pasar ini buka 24 jam setiap hari, sehingga Anda bisa berbelanja kapan saja.


Selain itu, Pasar Panorama Lembang tidak hanya menawarkan makanan segar seperti buah, sayur, daging, dan ikan, tetapi juga produk olahan lainnya​.


Di pasar ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai kegiatan seru seperti live music dan pertunjukan seni.


Lokasinya mudah diakses dan tidak memerlukan tiket masuk, meskipun ada biaya parkir yang tergantung pada jenis kendaraan dan waktu kunjungan​.


Pasar Panorama Lembang telah menjadi destinasi wisata kuliner yang populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan dan warga lokal untuk menikmati berbagai hidangan lezat serta suasana pasar yang khas​.

.

.

Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai oleh-oleh khas Bandung yang tidak hanya lezat dan unik tetapi juga berkualitas tinggi.


Setiap tempat menawarkan keunikan tersendiri yang membuat pengalaman berbelanja oleh-oleh Anda di Bandung menjadi lebih berkesan.



Tips Berbelanja yang Efisien

Nah, untuk pengalaman berbelanja yang lebih efisien dan menyenangkan, ada beberapa tips nih dari aku.


Pertama, tentukan dulu apa yang ingin kamu beli. Ini akan membantu kamu fokus dan menghemat waktu.


Kedua, jangan ragu untuk menawar, terutama di pasar tradisional. Menawar adalah bagian dari budaya belanja di pasar, dan kamu bisa mendapatkan harga yang lebih baik.


Ketiga, periksa kualitas barang sebelum membeli. Pastikan kamu mendapatkan produk yang autentik dan berkualitas.


Dan terakhir, jangan lupa untuk membawa tas belanja yang cukup besar atau bahkan koper kecil, terutama jika kamu berencana membeli banyak oleh-oleh.


Camilan Bandung: Variasi Rasa yang Menggugah Selera

Kaleidoskop Rasa Manis dan Gurih

Yuk, kita jelajahi keragaman rasa camilan Bandung yang akan membuat setiap momen ngemil jadi lebih spesial!


Di Bandung, kamu bisa menemukan berbagai macam camilan, dari yang manis menenangkan hingga yang gurih membangkitkan selera.


Misalnya, cicipi kelezatan Mayasari Bolen 2 Rasa (Coklat & Keju). Kombinasi pisang, coklat, dan keju di dalam kulit pastry yang renyah ini benar-benar menggugah selera.


Selain itu, ada Mayasari Banana Strudel yang manis dan lembut, sempurna untuk menemani sore hari santai kamu.


Keunikan Pembuatan yang Autentik

Tapi, Sobat, tahukah kamu apa yang membuat camilan-camilan ini begitu spesial?

Ya, proses pembuatannya!


Ambil contoh Bolu Lapis Coklat Moka dari Mayasari Bakery. Lapisan demi lapisan dibuat dengan teliti, menggabungkan rasa coklat dan moka yang kaya. Atau Mayasari Bolu Peuyeum, yang unik dengan rasa tape singkongnya yang khas.


Camilan-camilan ini bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga cerminan dari kreativitas dan dedikasi pembuatnya dalam mengolah bahan-bahan lokal menjadi sesuatu yang luar biasa.


Di Bandung, setiap camilan membawa cerita dan tradisi. Seperti Mayasari Pisang Bolen Keju, yang merupakan perpaduan sempurna antara tradisi pembuatan pastry Eropa dengan sentuhan lokal pisang dan keju.


Ketika kamu mencicipi camilan ini, kamu tidak hanya menikmati rasanya yang lezat, tetapi juga menghargai karya seni kuliner yang telah diwariskan turun-temurun.


Penutup

Membawa Pulang Kenangan Indah dari Bandung

Nah, setelah kita berkeliling mencari tahu tentang oleh-oleh khas Bandung, kini saatnya kita merangkum petualangan kita.


Memilih oleh-oleh yang tepat bukan sekadar membawa pulang barang, tapi juga tentang membawa pulang sebagian dari Bandung itu sendiri.


Baik itu camilan lezat dari Mayasari Bakery yang menggugah selera, kerajinan tangan yang penuh makna, atau produk lokal yang unik, setiap oleh-oleh memiliki ceritanya sendiri.

Mereka menjadi bagian dari kenangan indahmu di Bandung, yang bisa kamu bagikan dengan orang-orang terkasih di rumah.


Bandung: Destinasi yang Tak Pernah Membosankan

Dan untuk kamu yang belum sempat mengunjungi Bandung, ini adalah undangan terbuka dari kami.


Datang dan saksikan sendiri kekayaan budaya dan keindahan yang ditawarkan oleh Kota Kembang ini.


Baca Juga :


Nikmati keramahan warganya, jelajahi kuliner khasnya, dan tentu saja, jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja oleh-oleh khas di tempat-tempat seperti Mayasari Bakery dan pusat oleh-oleh lainnya.


Bandung selalu punya cara untuk membuat siapa saja jatuh hati, dan aku yakin, kamu juga akan merasakan hal yang sama.


Jadi, tunggu apa lagi? Rencanakan perjalananmu, jelajahi Bandung, dan bawa pulang kenangan yang akan selalu terkenang.


Sampai bertemu di Bandung, Sobat! Selamat berpetualang dan menikmati keajaiban yang ditawarkan oleh kota yang penuh pesona ini!

Comments


bottom of page